Tips Pemilihan Warna dan Setting Ruang Kantor Modern

Pemilihan warna cat dinding atau furniture pada sebuah ruangan kantor merupakan suatu hal yang cukup penting. Desain interior kantor modern harus memiliki peran yang penting dalam sebuah desain interior, termasuk juga pada luar bangunan dan didalam ruang kantor. Aplikasi warna yang sesuai tentu akan memberikan pengaruh posotif terhadap suasana yang tercipta di kantor. Penggunaan warna di sini tidak berarti satu warna berdiri sendiri, melainkan juga kombinasi atau perpaduan berbagai warna yang digunakan.

desain ruang kantor

Perpaduan warna kantor memang akan mempengaruhi mood orang yang ada di dalamnya. Warna terlihat oleh mata dan kemudian akan menimbulkan persepsi bagi yang melihatnya. Berdasarkan sebuah penelitian, persepsi seorang pegawai terhadap tempat atau ruang kerja mereka yang hanya memiliki satu warna cenderung lebih rendah dibanding dengan pegawai yang melakukan pekerjaan di kantor yang memiliki variasi warna.

desain ruang kantor

Tips Setting Ruang Kantor Dan Warna Cat

Ada beberapa tips untuk menentukan warna yang akan digunakan pada ruangan kantor :

1. Mintalah pendapat dari karyawan atau masyarakat akan opini tentang warna yang cocok untuk ruang kerja mereka.

2. Gunakan warna-warna yang cerah ceria dan dapat membuat mood menjadi lebih baik, nyaman dan bersemangat.

3. Sesuaikan pilihan warna yang akan digunakan pada setiap ruang kantor yang ada. Misalnya untuk ruang meeting, sebaiknya gunakan warna-warna cerah yang dapat membuat suasana terkesan lebih menyenangkan, ceria, serta dapat membuat karyawan menjadi lebih cerdas dan kreatif.

4. Untuk hasil terbaik tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan para ahli mengenai pemilihan warna yang tepat. Beberapa contoh penggunaan warna dari kantor-kantor terkenal di dunia juga bisa dijadikan rujukan.

Warna ruangan yang ada pada kantor tidak harus melulu mencerminkan suasana yang formal, sebab suasana yang formal cenderung kaku dan dapat membuat penghuni merasa bosan. Ketepatan dalam pemilihan warna serta desain kantor akan mampu menunjang lingkungan kerja yang positif dan dinamis.

desain ruang kantor

Selain penggunaan warna, hal lain yang juga akan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di sebuah lingkungan kantor adalah tata ruang kantor. Tata ruang kantor sebaiknya disusun berdasarkan aliran pekerjaan dari setiap pegawai,  sehingga perencanaan dari ruangan kantor dapat membantu dan memudahkan para pekerja dalam meningkatkan produktifitas mereka. Di samping itu pengaturan terhadap tata ruang kantor yang baik tentu akan memberikan berbagai keuntungan antara lain:

  1. Penghematan tenaga dan waktu para pegawai, karena mereka terhindar dari keharusan berjalan mondar-mandir yang sebetulnya bisa ditiadakan.
  2. Meningkatkan kelancaran proses pekerjaan dari para pegawai secara keseluruhan.

Memungkinkan penggunaan ruang atau area kerja secara efisien.

 

 

 

img by decoist

free hit counter