Desain Arsitektur Harus Mencakup 3 Hal Berikut Ini!

interior bogor
Interior Bogor Yang Cocok Untuk Cuaca Dingin
desain ruang kantor
Tips Pemilihan Warna dan Setting Ruang Kantor Modern

Desain Arsitektur Harus Mencakup 3 Hal Berikut Ini!

desain arsitektur

Desain arsitektur adalah sebuah konsep desain yang merupakan hasil ilmu dan seni dalam membuat atau merancang sebuah bangunan. Secara lebih luas, arsitektur merupakan sebuah konsep rancang bangun yang mencakup level mikro seperti desain bangunan, desain produk, desain perabot, juga level makro seperti arsitektur lanskap, perancangan perkotaan, dan perencanaan kota.

Melihat cakupan desain arsitektur di atas, maka manfaat hal tersebut sangat banyak dan akan dibutuhkan oleh perorangan yang ingin membuat sebuah hunian nyaman dan ekslusif, hingga pemerintahan yang ingin membuat tata letak kota yang nyaman dan strategis untuk warganya.

desain arsitektur

Pada prosesnya, desain arsitektur bukan hal yang gampang. Orang yang membuatnya harus memiliki keterampilan khusus dengan mengenyam pendidikan di bidang tersebut. Dan yang paling penting, arsitektur harus mencakup 3 hal berikut ini, yaitu :

  1. Venustas

Hal yang pertama berhubungan dengan keindahan atau estetika. Sebuah konsep bangunan atau tata letak kota yang dituangkan dalam sebuah desain arsitektur harus memiliki nilai estetika, sehingga pada saat desain itu dituangkan dalam sebuah bangunan atau bentuk tata letak kota yang nyata, semua begitu enak dilihat, indah dipandang, dan membuat orang yang menggunakannya akan merasakan kenikmatan tersendiri.

desain arsitektur

 
  1. Firmitas

Yang kedua berhubungan dengan kekuatan dan kestabilan bangunan yang dirancang, berapakah tinggi idealnya? Apa sajakah material yang akan digunakan? Seberapa banyak kandungan yang harus dimiliki tiap material tersebut? dan lain sebagainya, dengan tujuan bangunan yang dibangun bisa tahan, kuat dan awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika ada kesalahan perhitungan dalam hal yang kedua ini, akan membuat bangunan yang dibuat melalui proses panjang tersebut hanya bertahan dalam waktu yang singkat dan sementara saja.

  1. Utilitas

Hal yang terakhir berhubungan dengan fungsi dari bangunan atau konsep rancangan yang dibuat. Setiap detil dalam desain arsitektur harus memiliki tujuan dan fungsi yang ingin dihadirkan. Misalnya tiang penyangga yang ditempatkan di beberapa titik ruangan yang berfungsi untuk menahan bangunan agar tidak mudah roboh, lubang air di bagian atas agar bisa mengalirkan air hujan, dan lain sebagainya.

Jika ketiga hal di atas bisa saling mendukung satu sama lain, maka desain arsitektur yang dihasilkan adalah sebuah pra karya luar biasa yang akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa juga.

 

 

 

 

___________________________________________________