Tips Desain Rumah Bergaya Tropis

rumah_pak_yayat (1)
Solusi Kredit Renovasi Rumah
cropped-photodune-10938330-project-of-construction-and-renovation-house-m
3 Alasan sebaiknya Anda tidak di rumah Ketika Renovasi Rumah
rumah_pak_andreas3

Selain desain rumah minimalis, rumah bergaya tropis cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia. Konsep ini membantu pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami bagi rumah-rumah di negara tropis seperti Indonesia.

Salah satu karakteristik utama dan desain rumah tropis adanya banyak ruangan terbuka. Ruang Hal ini dikarenakan rumah tropis lebih mengandalkan pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami.

Hal detail lainnya yang menjadi ciri khas desain jenis ini adalah terdapat selasar atau teras yang cukup lebar, beratap miring atau kerucut, dan setiap ruangan didesain memiliki bukaan berupa jendela yang bisa dilalui udara dan pancaran cahaya matahari yang baik.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang tertarik dengan rumah bergaya tropis ini.

1. Warna Cat Bernuansa Teduh

Pilihlah warna cat dengan warna-warna alam seperti putih, krem, biru muda, biru lembut, maupun hijau muda. Warna-warna tersebut diyakini dapat memberikan efek teduh dan perasaan yang lapang.

2. Material berbahan Kayu dan Bambu

Gunakan material bambu atau kayu pada bagian jendela dan lantai di ruangan rumah Anda. Sekilas ini akan seperti rumah-rumah tradisional, namun memang rumah tradisional Indonesia sejak dulu sudah mencirikan rumah khas tropis yang nyaman.

3. Furnitur Berbahan Alami

Untuk furnitur, pilih yang memiliki material alami, seperti kayu tropis, rotan, jati, dan bambu. Begitu juga dengan hiasan rumah lainnya, seperti lampu-lampu kayu dan gambar-gambar pemandangan yang bisa memberikan inspirasi alam.

4. Masukkan Unsur Tanaman

Jangan lupa masukkan unsur tanaman. Pilih jenis tanaman untuk ditempatkan pada bagain dalam rumah. Misalnya tanaman palm yang bisa diletakan pada bagian ruang tamu. Tidak lupa sediakan bantal-bantal kecil pada kursi kayu Anda.

5. Kolam Ikan

Jika memungkinkan, buatlah kolam ikan pada interior ruangan Anda. Gemericik air dan gerakan ikan pada bisa memberikan kesan alam dan pengaruhnya sangat baik untuk relaksasi penghuni.