rak kaca tanam

Rak Kaca Tanam Rapi Berkesan Modern Untuk Interior

Posted on

Tak hanya lemari pakaian yang dapat dibuat dengan sistem tanam. Rak kaca penyimpanan pajangan pun dapat dibuat dengan cara serupa.

rak kaca tanamRuang tamu Anda kecil, tapi ingin memajang sejumlah benda? Tak usah repot. Rak kaca tanam menjadi solusinya. Seperti halnya lemari tanam, rak kaca ini tidak menyita ruangan. Ia berada di dalam dinding rumah. Jadi, ruang tamu Anda lebih kecil itu tak bakal menjadi lebih sempit. Desain interior ruang tamu sangat cocok menggunakan dekorasi rak kaca tanam ini.

Rak kaca tiga susun berada pada salah satu dinding ruang tamu seluas 5 m2. Kaca yang dipasang berketebalan 10 mm.

Ukuran lebar disesuaikan dengan lebar salah satu dinding ruang tamu. Kedalamannya juga sesuai dengan tebal dinding yang berbatasan langsung dengan kamar mandi tamu. Di situlah Susi memajang pernik-pernik yang sempat diburunya di luar negeri.

Indah dan fungsional, bukan?

  • Elemen Dekoratif Agar terlihat lebih hidup, lapis bagian dalam dinding rak kaca dengan menggunakan aneka material. Batu ekspos dekoratif dapat menjadi pilihan untuk memperoleh kesan natural pada tampilan rak. Anda dapat menempatkan lampu halogen di bagian atas untuk menerangi pajangan dari rak paling atas hingga yang paling bawah.
  • Kaca Terjepit Struktur utama rak kaca ini ada di bracket kaca. Ketika membuatnya, pastikan bracket ini menempel erat ke dinding, serta menjepit erat kaca rak. Ukuran serta pilihan desain bracket beraneka dan sesuai selera.
  • Solusi untuk ruang kecil Rak kaca tanam dapat menjadi solusi praktis untuk menempatkan pajangan di ruang sempit. Tak menyita luas ruangan. Ruang tamu pun menjadi lebih indah dan tetap lega.

 

Rak Kaca Tanam Tips Yang Anda Bisa Lakukan

Siapkan Cerukan Dinding

Membuat rak kaca tanam tidak sulit. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan cerukan dinding yang akan dijadikan rak tanam. Hias cerukan dinding ini dengan material dekoratif. Material dekoratif dapat berupa batu alam atau keramik. Dapat juga parket kayu solid atau olahan. Anda dapat memilih sesuai selera dan tema ruangan.

Langkah selanjutnya adalah membuat rak-rak kaca. Caranya:

  1. Ukur bagian dalam cerukan dinding. Catat ukuran lebar dan kedalamannya. Ukur pula tinggi cerukan dan tentukan jumlah rak.
  2. Potong kaca sesuai ukuran bagian dalam cerukan. Misalnya, Anda menghendaki ada tiga rak kaca, buatlah potongan kaca sebanyak tiga lembar
  3. Tentukan letak masing-masing rak. Samakan tinggi bagian kiri dan kanan kaca, juga bagian depan dan belakang. Jaga kaca agar selalu pada posisi datar
  4. Ambil bracket (siku-siku untuk rak). Tempelkan ke dinding dengan menggunakan pisher.
  5. Tempatkan kaca di antara penjepit bracket. Kecangkan jepitannya agar kaca tidak selip dan jatuh.

 

TIPS untuk Anda

  • Ketika membeli kaca, mintalah agar bagian tepinya digosok halus
  • Agar posisi kaca datar, gunakan waterpass sewaktu memasang bracket.
  • Kaca rentan terhadap beban berat. Hindari menempatkan pajangan berat dan berlebihan
  • Periksa kondisi bracket secara berkala. Pastikan kondisinya tetap melekat kuat pada dinding.

(Sumber Majalah IDEA Edisi 18-02 Juli 2005 hal 12)

terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You NOT may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.