Penggunaan Batu Granit Untuk Bahan Lantai Bangunan

cropped-photodune-10938330-project-of-construction-and-renovation-house-m
3 Alasan sebaiknya Anda tidak di rumah Ketika Renovasi Rumah
Renovasi Rumah Bogor
Lima Hal Penting dalam Renovasi Rumah
batugranit

Granit adalah salah satu material populer yang kerap digunakan untuk bagian lantai dalam dunia konstruksi dan desain interior. erupakan batu vulkanik yang dibentuk oleh tekanan dan panas dan tersedia dalam berbagai nuansa warna seperti warna gelap, abu-abu terang dan merah muda. Selain kuat, lantai berbahan granit terkenal “kekar” dan tahan lama namun tetap memiliki tampilan yang mewah dan modern.

Beberapa Keunggulan

Selain memiliki motif warna alam seperti bebatuan, kayu atau beton, penggunaan lantai granit ini semakin digemari karena, keunggulannya dapat memberikan kesan yang alami pada rumah. Terlebih jika diaplikasikan ke dalam bangunan bergaya minimalis dan tropis yang sedang trend saat ini.

Keunggulan lain dari lantai granit ini adalah dari proses pembuatannya, lantai dengan berbahan granit dibuat dengan cara permukaannya dipoles sampai mengkilap sehingga jauh lebih tahan gores. Lantai granit juga sangat kuat. Memiliki Kekpadatanekitar 2,70 gram per cm³ dan sanggup menahan beban berat hingga 500 kg.

Selain itu, lantai granit memiliki daya serap air yang relatif kecil yaitu sekitar 0,05% dibanding dengan bahan lantai lainnya. Jika tampak kusam, mpunya bangunan cukup memoles dengan bubuk khusus yang ada tersedia dipasaran.

Kekurangan

Setiap jenis bahan bangunan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara garis besar ada tiga hal yang menjadi kelemahan penggunaan bahan ini yaitu

  • Memiliki varian corak dan warna yang terbatas.
  • Biaya pemasangan lebih mahal dari keramik, karena harganya memang jauh lebih mahal dai keramik.
  • Dalam pengerjaannya, harus menggunakan mata pisau khusus yang harganya cukup mahal untuk memotong granit.