Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana

Kamar mandi merupakan ruangan penting yang wajib ada di dalam sebuah rumah. Walaupun ukurannya biasanya lebih kecil dibandingkan ruangan lain di rumah, namun kamar mandi merupakan salah satu ruangan tersibuk karena paling sering dikunjungi oleh para penghuni rumah. Jika anda dihadapkan dengan kenyataan memiliki kamar mandi berukuran mungil atau kecil, mungkin kamar mandi tersebut terasa kurang nyaman dan berharap memiliki kamar mandi yang lebih besar. Tidak dipungkiri bahwa ukuran kamar mandi yang sempit membuat ruang gerak lebih terbatas. Namun sekarang anda dapat bernapas lega karena Anda tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran atau bahkan memperluas ukuran kamar mandi di rumah untuk mendapatkan kamar mandi yang nyaman.

desain kamar mandi minimalis
design kamar mandi kecil

Untuk membuat kamar mandi mungil tersebut terkesan lebih lapang dan lega, sejumlah perancang interior telah memberikan saran yang dapat Anda coba lakukan salah satunya adalah dengan mengubah warna cat dinding kamar mandi. Untuk memudahkan Anda dalam membuat design kamar mandi kecil, berikut ini adalah tips lengkapnya;

Mengubah Warna Cat Dinding

kamar mandi kecil minimalis

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah kamar mandi sempit menjadi lebih luas adalah dengan mengganti cat dinding. Pilihlah warna – warna yang lebih segar dan terang. Warna tersebut dapat membantu merefleksikan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih lega dan lapang.

Menghemat Tempat

desain kamar mandi klasik

Memiliki kamar mandi berukuran kecil berarti tempat yang tersedia sangat terbatas. Oleh sebab itu gunakan ruang yang tersedia secara bijak. Anda dapat memanfaatkan bagian dinding yang tidak terpakai sebagai tempat untuk memasang kabinet yang ditempelkan di tembok. Selain itu, hindari meletakkan barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan di kamar mandi. Terlalu banyak barang di dalam kamar mandi sempit hanya akan membuat ruangan ini nampak berantakan dan semakin terlihat sempit.

Memilih Furniture Multifungsi

desain wastafel

Kehadiran kabinet atau tempat penyimpanan memang cukup penting di kamar mandi. Namun memiliki kamar mandi kecil minimalis tidak berarti Anda harus mengorbankan kehadiran bak cuci tangan demi menghadirkan kabinet. Lebih baik Anda memilih furniture multifungsi sehingga semua kebutuhan di kamar mandi dapat terakomodasi. Saat ini sudah ada bak cuci tangan yang bagian bawahnya dilengkapi dengan kabinet sehingga dapat memberikan dua fungsi sekaligus.

Lantai

desain kamar mandi klasik

Solusi mudah untuk mengelabui pandangan mata terhadap ukuran kamar mandi yang mungil adalah dengan memilih lantai yang sesuai. Jika lantai yang digunakan adalah keramik, maka sebaiknya Anda memilih keramik yang mempunyai ukuran besar dengan garis yang tipis. Dengan cara ini, kamar mandi akan terlihat lebih luas dan bersih karena garis lantai yang terlihat jauh lebih sedikit dibandingkan Anda menggunakan lantai keramik yang berukuran kecil.

Shower

shower untuk kamar mandi

Menggunakan bak mandi sepertinya bukan ide yang bagus untuk interior kamar mandi ukuran kecil. Pasalnya bak mandi tersebut akan menyita banyak tempat. Bila ruang di dalam kamar mandi ingin terlihat lebih luas, maka bak mandi sebaiknya diganti dengan shower yang memiliki lubang besar. Shower jenis tersebut mampu membasahi seluruh tubuh saat mandi karena cipratan airnya lebih lebar.

Gunakan Perabot Kecil

interior kamar mandi ukuran kecil

Memilih peralatan yang sengaja dirancang untuk kamar mandi mungil adalah ide yang bagus. Misalnya membeli wastafel berukuran kecil yang dapat diletakkan di sudutruang yang sempit. Memilih perabot yang sesuai dengan luas kamar mandi akan membuat ruangan lebih lega dan tidak terkesan penuh.

Cermin

cermin untuk kamar mandi

Cermin merupakan solusi yang paling efektif untuk memberikesan luas pada desain kamar mandi kecil minimalis. Pasalnya cermin yang ditempatkan di tembok secara pas dapat merefleksikan bayang yang ada di sekitarnya. Hasilnya efek lebih lapang pun dapat dirasakan. Atau Anda dapat menggunakan pintu kaca geser dibandingkan pintu tradisional.