drumk1
Desain Ruang Makan Dari Sentuhan Jasa Interior
desain kamar mandi kecil sederhana
Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana
plafon gypsum

plafon gypsum

Bagian interior rumah tentunya tidak terlepas dari yang namanya plafon atau langit – langit. Bagian atas ruangan ini tidak kalah penting untuk diperhatikan dibandingkan bagian lain seperti dinding dan lantai. Desain dan warna yang digunakan pada plafon akan ikut berpengaruh terhadap tampilan interior ruangan tersebut. Saat ini material yang digunakan untuk plafon sudah sangat beragam mulai dari triplek, fiber, eternit, hingga gypsum. Setiap material tersebut tentunya menawarkan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

plafon gypsum

Plafon gypsum merupakan salah satu jenis material plafon yang saat ini sudah mulai populer digunakan sebagai penutup untuk langit – langit interior rumah. Biasanya plafon gypsum lembaran tersedia dalam ukuran yang sama dengan triplek yakni 244 cm x 122 cm. Jika Anda menggunakan GRC Board, maka rangka yang dapat digunakan adalah besi hollow atau kaso 4/2 dan 4/4. Setiap orang yang menggunakan material gypsum sebagai plafon tentu memiiliki alasan masing – masing mengapa mereka memilih material ini. Keunggulan dari plafon gypsum sendiri adalah pada saat selesai dipasang, plafon tersebut memperlihatkan permukaan yang sangat halus dan rata. Bahkan sambungan antar bagian pun tidak akan terlihat sehingga tampilan plafon terlihat lebih rapi.

plafon gypsum

Selain itu, proses pengerjaan plafon ini juga lebih cepat dan bila terjadi kerusakan lebih mudah diperbaiki atau diganti. Namun material gypsum memiliki kelemahan yang cukup merugikan yaitu tidak tahan terhadap air. Hal ini membuat material tersebut mudah rusak saat terkena rembesan air. Walaupun demikian keunggulan yang dimiliki oleh material ini telah mampu memikat banyak pemilik rumah untuk menggunakannya. Salah satu keunggulan dari gypsum yang cukup menarik perhatian adalah material ini mudah diwarnai. Hal ini memungkinkan pemilik rumah memiliki plafon yang cantik dengan berbagai kombinasi warna dan menjadikan plafon di rumah mereka berbeda dengan yang lainnya.  Bagi Anda yang saat ini berencana menggunakan plafon gypsum dan berencana untuk mengecatnya, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan terkait warna cat plafon rumah.

plafon gypsum

Menyesuaikan Dengan Warna Ruang

plafon gypsum

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan pada saat hendak mengecat plafon gypsum adalah menyesuaikannya dengan konsep ruang secara keseluruhan. Warna plafon minimalis yang sesuai dengan warna ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih harmonis. Kebalikannya, jika Anda menggunakan warna yang kontras atau tone warnanya bertabrakan, ruangan akan terlihat tidak menarik atau bahkan terkesan aneh.

plafon gypsum

Misalnya jika ruangan Anda memiliki dinding berwarna biru, maka langit – langit dapat dicat dengan warna biru. Namun sebaiknya warna biru tersebut tidak mendominasi plafon. Cukup dijadikan sebagai aksen agar ruangan tidak terkesan membosankan. Warna lainnya dapat menggunakan warna netral atau warna yang cocok dipadukan dengan warna biru.

plafon gypsum

Hindari Dominasi Warna Gelap

Ketika dinding dan lantai rumah sudah memiliki warna tertentu, langit – langit sebenarnya tidak harus selalu dicat. Pasalnya plafon tersebut berfungsi sebagai penyeimbang di dalam ruangan. Saat mengecat plafondan Anda ingin menggunakan warna gelap atau coklat misalnya. Gunakan warna tersebut hanya pada garis – garis tepian bukan sebagai warna yang mendominasi. Mengapa? Penggunaan warna gelap pada plafon dapat memberikan kesan sempit dan plafon tersebut terkesan lebih rendah sehingga pada akhirnya akan membuat orang-orang yang berada di dalam ruangan merasa tidak nyaman.

plafon gypsum

Saat ini warna cat plafon rumah minimalis didominasi oleh warna putih. Warna putih dijadikan sebagai warna utama dan warna lainnya hanya sebagai aksen. Kombinasi warna plafon minimalis biasanya hanya menggunakan dua warna yakni warna netral sebagai warna dominan dan warna aksen. Contoh warna cat plafon minimalis adalah perpaduan warna putih dan abu-abu.