Tips Mendapatkan Konsultan Arsitek Jakarta Berkredibilitas Tinggi

5
Kamar Mandi yang Cozy dengan Pengaplikasian Batu Alam
future
Designer Online Interior Jakarta, Solusi Praktis Untuk Rumah Anda

Tips Mendapatkan Konsultan Arsitek Jakarta Berkredibilitas Tinggi

desain interior apartemen minimalis

Prospek bisnis konsultan arsitek Jakarta memang tidak akan pernah ada matinya. Pendapat ini cukup beralasan karena hampir setiap waktu selalu hadir rumah maupun gedung baru. Kehadiran bangunan ini tentu berkat sumbangan ide dan tenaga dalam bentuk perencanaan dan pelaksanaan dari konsultan arsitek. Peranan jasa ini memang sangat signifikan dan konsumen pun mulai menyadarinya. Jadi, tidak mengherankan jika sekarang semakin banyak jasa konsultan arsitek yang bermunculan di wilayah Jakarta.

Fenomena ini tentu dapat berdampak layaknya dua sisi pisau yaitu menghadirkan aspek positif dan negatif bagi konsumen. Dampak positif dari munculnya jasa konsultan arsitek adalah konsumen semakin leluasa menentukan pilihan karena banyaknya referensi. Namun, disamping dampak positif para konsumen juga perlu mengetahui bahwa tidak semua jasa konsultan arsitek itu kredibel. Maksudnya adalah beberapa diantara penyedia jasa ini tidak memiliki komitmen dalam pekerjaan dan cenderung hanya mengejar profit.

Ramainya pelaku bisnis konsultan arsitek ternyata perlu disikapi dengan selektif oleh konsumen. Tujuannya tentu saja agar konsumen tidak menjadi korban dari jasa konsultan arsitek yang tidak kredibel. Konsumen sebenarnya dapat menilai kredibilitas dari jasa konsultan arsitek dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Tips dalam menilai kredibilitas jasa konsultan arsitek

 1. Pastikan berpengalaman

Setiap jasa konsultan arsitek Jakarta sudah pasti memiliki sumber daya manusia berupa tenaga yang ahli dibidangnya. Keahlian memang aspek yang sangat membantu dalam memperlancar pembangunan, baik perencanaan maupun pelaksanaan. Akan tetapi, ada aspek yang juga tidak kalah penting dalam dunia arsitek yaitu pengalaman. Konsumen dapat mengetahui pengalaman jasa konsultan arsitek ini dengan meninjau portofolio berbagai proyek yang pernah digarapnya.

2. Pastikan tepat waktu

Aspek ketepatan waktu dalam pengerjaan tentu berhubungan dengan keahlian dan pengalaman. Analoginya adalah jasa konsultan arsitek yang ahli dan berpengalaman tentu sudah terbiasa mengerjakan proyek dengan efektif serta efisien. Jadi, target pengerjaan proyeknya tidak akan melewati deadline yang telah disepakati. Banyak cara yang dapat diterapkan konsumen untuk mengkonfirmasi ketepatan waktu pengerjaan proyek jasa konsultan arsitek tertentu. Salah satunya adalah dengan meminta testimoni dari beberapa teman yang pernah menjadi klien jasa ini.

3. Pastikan harga tetap konsisten

Dalam bisnis apapun persoalan harga merupakan hal yang sensitif bagi konsumen. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk mengadakan perjanjian kerja tentang harga yang disepakati dengan pihak jasa konsultan arsitek. Agar konsumen mempunyai gambaran jelas berikut ini akan disajikan perkiraan harga yang dipatok oleh jasa konsultan arsitek Jakarta.

  • Rumah sederhana harga mulai dari Rp 3.500.000,00.
  • Rumah menengah harga mulai dari Rp 3.700.000,00.
  • Rumah mewah harga mulai dari Rp 4.600.000,00.

4. Pastikan Bergaransi

Konsumen harus memastikan bahwa jasa konsultan arsitek yang menjadi mitra kerjasama bersedia menyediakan garansi. Jadi, seandainya terjadi kerusakan karena kelalaian dalam proses pembangunan, maka konsumen dapat melakukan klaim. Pihak jasa konsultan arsitek yang menyedari pentingnya kredibilitas di mata konsumen pun akan bersedia memberi garansi. Jenis garansi yang dimaksud adalah mencakup aspek pemeliharaan bangunan dengan kurun waktu maksimal 3 bulan.

Menentukan jasa konsultan arsitek Jakarta yang benar-benar berkredibilitas tinggi ternyata harus dilakukan dengan selektif. Tanpa penerapan dari sikap ini bukan tidak mungkin konsumen akan mengalami beberapa kerugian. Misalnya: salah pilih jasa kontraktor, pengerjaan melewati deadline, RAB membengkak, hasil bangunan tidak sesuai ekspektasi. Kondisi ini tentu tidak ingin dirasakan oleh konsumen manapun, maka dari itu biasakanlah bersikap selektif dalam memilih mulai sekarang.