Optimalisasi Cat Dinding Untuk Menciptakan Kesan Ruangan Lebih Luas

rumah_pak_yayat (3)
Renovasi Rumah Bogor Simple dan Terjangkau
puzzle_geometric
Memadukan Seni dan Matematika dalam Desain Interior Ruang

Optimalisasi Cat Dinding Untuk Menciptakan Kesan Ruangan Lebih Luas

Project Desain Interior Bu Devi Bogor

Cat dinding memang memiliki fungsi utama memberikan kesan indah dan rapih pada sebuah bangunan. Namun, tahukah Anda bahwa cat bisa juga berguna untuk memberikan kesan lebih luas dan lebar, terutama untuk ruang yang memilii ukuran kecil dan sempit.

Menghadirkan kesan luas pada ruang interior dengan cat warna bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan penggunaan warna yang tepat, menciptakan warna yang kontras atau kombinasi warna yang pas. Misalnya bila menggunakan warna gelap pada foyer atau lorong, maka ruang yang ada di dekatnya bisa diberi warna yang lebih cerah dan terang.

Dari sini bisa tercipta suatu ilusi pencahayaan dari yang gelap menutu terang dan sebaliknya. Hal ini sesuai dengan pandangan mata orang yang sedang berada di ruang tersebut. Sistem paduan warna yang kontras ini bisa membuat luas ruang terlihat makin besar dan lebar dibanding dengan paduan warna yang konrasnya lebih rendah seperti warna terang satu dikombinasi dengan warna terang yang lain.

Cara lain yang bisa diaplikasikan adalah menggunakan warna pada langit-langit atau plafond dan dinding yang diseleraskan dengan warna yang terdapat dalam ruang. Misalnya jika lantai ruang diberi karpet warna cerah, maka plafon bisa diberi warna yang lebih lembut atau punya sifat yang ringan dibanding dengan warna dinding.

Aplikasi seperti ini bisa menjadikan dimensi antara plafon dan lantai terlihat lebih bercahaya dan cerah. Maka secara otomatis ruang yang ada di tempat itu juga mampu menimbulkan kesan yang makin besar dan luas.

Tapi jika karpet yang dipasang warnanya lebih gelap, harus menggunakan cat dinding dan plafon yang warnanya tidak berbeda alias sama. Jadi kesan luas yang ingin diciptakan tetap bisa muncul dalam ruang itu.

Kemudian untuk perabot atau furniture yang digunakan, seperti kursi, meja lemari dan lainnya harus bisa menciptakan kesan yang lebih luas juga. Dinding yang berada di salah sisi diberi warna yang sifatnya lebih gelap dibanding dengan dinding lain yang jumlahnya ada tiga. Hal ini menjadikan seakan-akan ruang itu terlihat punya dimensi yang lebih dalam.

Aplikasi lain yang harus mendapat perhatian adalah harus memilih warna yang punya sifat lebih muda untuk element lain yang tegas. Yang dimaksud dengan tegas di sini misalnya kusen pintu dan jendela, ventilasi udara dan sebagainya. Hal ini harus bisa dilakukan tanpa memandang jenis warna yang digunakan pada dinding. Teknik seperti ini bisa menghasilkan kesan seakan-akan ruang itu tidak punya sudut yang jelas dan tegas sehingga ruang terlihat makin besar.