Memadukan Seni dan Matematika dalam Desain Interior Ruang

Project Desain Interior Bu Devi Bogor
Optimalisasi Cat Dinding Untuk Menciptakan Kesan Ruangan Lebih Luas
rumahsurabayaartikel
Menghias Rumah dengan Renovasi Rumah Bogor
puzzle_geometric

Dalam dunia arsitektur dan desain interior dikenal banyak konsep atau tema rancangan yang memiliki cirinya tersendiri. Salah satunya adalah interior bertema geometri yang dikenal unik karena memadukan ilmu seni desain dan matematika.

Konsep ini merupakan rancangan ruang yang memanfaatkan beberapa ornamen geometri, baik bangun datar (garis, persegi, lingkaran, trapesium) maupun bangun ruang (kubus, balok, bola, limasan dll) untuk diterapkan pada elemen ruangan.

Pola geometris yang elegan, dapat memberikan sentuhan sophitiscated untuk anda yang menyukai dekorasi interior unik. Konsep ini masih terbagi dalam beberapa sub konsep, diantaranya Stripe Geometric, Puzzle Geometric dan Abstract Geometric.

Salah satu yang lazim digunakan khususnya untuk desain interior kantor adalah jenis Puzzle Geometric. Merupakan bentuk penerapan desain geometri yang mamanfaatkan bentuk-bentuk yang hampir menyerupai dan melengkapi satu sama lain. Bentuk puzzle umumnya dibuat untuk dapat memberi kesan fun dan edukatif sekaligus pada suatu ruang.

Dalam penerapannya, gaya rancangan ini dapat dibuat melalui bentuk bangun datar persegi, segitiga, segi lima, segi enam dan seterusnya dimana dalam penerapannya bentuk-bentuk ini dibuat saling menempel satu sama lain sehingga menciptakan satu kesatuan bentuk tertentu.

Namun bisa juga penerapan bentuk puzzle umum yang biasa ditemui yaitu bentuk kotak dengan beberapa tonjolan dan lubang di bagian sisi sampingnya yang berfungsi untuk saling mengunci satu sama lain. Bentuk tersebut biasanya diterapkan pada elemen ruang yang datar seperti dinding dan lantai.

Contoh penerapannya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Itu merupakan salah satu desain interior karya Arsindo Cipta Karya yang memanfaatkan konsep desain Puzzle Geometric yang ciamik. Bagaimana, tertarik untuk menerapkan konsep ini pada ruangan kantor atau hunian Anda?