Model Plafon Rumah Minimalis Modern

Desain Interior Rumah Modern Di Bogor
Desain Interior Rumah Modern Di Bogor
Model Kitchen Set Minimalis Modern
Model Kitchen Set Minimalis Modern
Domed Ceiling Styles

Plafon rumah memiliki peranan penting pada konstruksi bangunan rumah dan pemukiman. Bagian tersebut ikut menentukan ketahanan struktur dari rumah. Selain dapat berpengaruh terhadap kekuatan struktur, desain plafon juga turut menentukan keindahan dari sebuah rumah. Saat ini plafon dapat dibuat dengan desain yang sangat bervariasi. Desain tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan pemilik rumah atau disesuaikan dengan desain rumah. Misalnya saja untuk rumah minimalis. Rumah minimalis tentunya memerlukan plafon yang juga minimalis untuk mengimbangi desain minimalis pada rumah tersebut. Ada banyak pilihan desain plafon rumah minimalis yang menarik untuk diterapkan di rumah hunian. Berikut ini adalah beberapa pilihan plafon yang dapat Anda pilih untuk rumah Anda.

Exposes Beam Ceiling

Exposes Beam Ceiling / Balok Ekspos

Model plafon ini dapat diterapkan untuk rumah bergaya rustic maupun minimalis. Dalam model plafon ini, balok kayu yang digunakan di langit – langit dibiarkan terlihat begitu saja dengan warna kayu yang khas. Hal ini akan memberikan aksen yang unik di dalam ruangan. Jadi langit – langit tersebut dibiarkan terbuka dan menampilkan balok – balok kayu pada struktur tersebut. Jenis langit-langit ini memberikan kesan terbuka sekaligus memberikan sentuhan yang unik. Jika ingin mendapatkan tampilan yang lebih modern, material balok kayu dapat diganti dengan baja. Langit – langit tersebut dapat dicat dengan warna putih sehingga warna balok kayu maupun baja akan menjadi aksen yang mencolok dan terlihat menonjol. Jika Anda belum pernah menjumpai model plafon seperti ini, Anda dapat melihat gambar plafon rumah minimalis dengan balok ekspos.

Tray Ceiling System

Tray Ceiling System

Ini adalah tipe langit – langit yang dipotong di bagian tengahnya di mana bagian tengah langit – langit terlihat tersembunyi atau lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya. Biasanya pencahayaan ruang dipasang pada bagian langit – langit yang terdalam sehingga pencahayaan tersebut seolah – olah tersembunyi. Untuk memberikan aksen dan menegaskan desain langit-langit tersebut, para pemilik rumah kadang mengecat bagian dalam dengan warna yang berbeda sehingga dapat memberikan kesan unik. Contoh plafon rumah minimalis dengan jenis ini misalnya dominasi langit-langit berwarna putih kemudian bagian cekungan atau bagian dalamnya dicat dengan warna abu-abu.

Vaulted Ceiling

Vaulted Ceiling/ Lekukan

Langit – langit dengan tipe ini memiliki ciri khas dilengkapi dengan lekukan – lekukan yang dapat menjadi sudut dari bentuk atap. Kadang-kadang langit-langit jenis ini dilengkapi dengan lekukan yang sejajar dan bertemu di tengah. Namun ada pula langit-langit yang hanya dilengkapi dengan satu lekukan. Kubah tersebut biasanya dijadikan tempat untuk memasang pencahayaan tersembunyi sehingga pencahayaan tersebut tidak mencolok dan mengganggu keindahan langit – langit.

Coffered Ceiling System

Coffered Ceiling System

Ini merupakan salah satu pilihan langit – langit yang populer digunakan untuk ruangan bergaya minimalis. Jenis langit-langit yang satu ini dilengkapi dengan panel – panel berbentuk persegi atau persegi panjang. Biasanya di bagian tengah panel langit-langit para pemilik rumah akan memasang penerangan baik itu chandelier maupun kipas angin kemudian di bagian lainnya akan dipasang pencahayaan tersembunyi. Jenis langit-langit ini merupakan pilihan yang bagus untuk menciptakan karakter pada sebuah ruangan dengan dekorasi yang minim.

Domed Ceiling Styles

Domed Ceiling Styles/ Kubah

Jenis langit-langit yang satu ini biasanya diaplikasikan pada ruangan yang besar. Jadi langit-langit tersebut dilengkapi dengan kubah lingkaran di bagian tengah seperti desain pada Mesjid-mesjid jaman dulu hingga sekarang dan gedung pemerintahan. Biasanya kubah tersebut dilengkapi dengan skylight atau kaca berwarna untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Untuk rumah bergaya minimalis, langit-langit ini dapat diaplikasikan untuk ruang taamu atau ruang keluarga yang berukuran besar.

Demikian beberapa jenis plafon rumah minimalis yang dapat Anda pilih. Anda dapat menentukan desain mana yang paling sesuai dengan konsep plafon rumah Anda.