Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis

renovasi rumah
Proses Renovasi Rumah Full Awal Hingga Akhir
Plafon Gypsum Ruang Tamu
Model Plafon Gypsum Ruang Tamu

plafon ruang tamu

Plafon merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah interior. Selain berpengaruh terhadap penampilan interior, plafon sebenarnya juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan struktur dari langit – langit. Saat ini ada banyak pilihan langit-langit yang dapat diterapkan untuk interior rumah, termasuk rumah bergaya minimalis. Setiap orang tentunya ingin ruangan mereka terlihat semenarik dan secantik mungkin dengan desain yang digunakan, khususnya untuk ruang tamu. Pasalnya ruangan ini menjadi tempat untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu ruangan ini mewakili desain rumah secara keseluruhan sehingga desain ruangan ini sangat penting untuk diperhatikan, termasuk bagian plafon.

Beberapa Model Desain Plafon

Bagi Anda yang menggunakan desain minimalis, ada banyak pilihan plafon yang cocok untuk diterapkan di rumah minimalis. Berikut ini adalah beberapa model plafon ruang tamu minimalis dan beberapa contoh gambar plafon ruang tamu minimalis yang dapat diterapkan untuk ruang tamu minimalis Anda.

Coffered Ceiling

Coffered Ceiling plafonModel plafon ruang tamu rumah minimalis yang satu ini ditandai dengan adanya panel – panel berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk ruang tamu bergaya minimalis, panel tersebut tidak harus memenuhi seluruh langit – langit tetapi cukup dihadirkan berupa bentuk empat buah panel persegi. Panel tersebut dapat dicat dengan kombinasi warna abu – abu dan putih. Cat putih dapat diaplikasikan untuk garis-garis panel sedangkan bagian lainnya dicat dengan warna abu-abu. Pencahayaan atau lampu dapat dipasang di bagian tengah setiap panel sehingga selain dapat memberikan pencahayaan yang cukup, hal ini juga dapat membuat tampilan langit-langit terlihat lebih menarik.

Drop Ceiling

plafon Drop Ceiling

Bagi Anda yang menginginkan tampilan minimalis yang modern di dalam ruang tamu, maka drop ceiling dapat dipertimbangkan untuk diaplikasikan pada langit-langit di ruang tamu.

Drop ceiling memiliki ciri khas berupa adanya bagian yang dibuat lebih rendah. Bagian tersebut dapat berbentuk geometris seperti persegi atau persegi panjang. Supaya lebih menarik, bagian tersebut dapat dijadikan sebagai tempat untuk memasang lampu gantung di ruang tamu sehingga dapat sekaligus menjadi focal point untuk ruangan.

Plafon Kayu

plafon kayu

Siapa bilang plafon kayu hanya cocok untuk rumah – rumah bergaya tradisional. Jenis plafon ini juga tidak kalah menarik bila diaplikasikan pada ruang tamu bergaya minimalis. Warna kayu alami yang difinishing dengan pelitur dan dikombinasikan dengan lekukan-lekukan berbentuk persegi panjang yang dijadikan sebagai skylight dapat memberikan tampilan yang sangat menarik pada interior. Atau bagian lekukan – lekukan tersebut dapat dijadikan sebagai tempat untuk lampu di ruang tamu. Adanya lampu yang tersembunyi di dalam panel akan membuat kesan minimalis di dalam ruangan tetap terjaga dibandingkan menggunakan lampu gantung.

Skylight Ceiling

plafon Skylight

Menghadirkan skylight di langit-langit ruang tamu tentunya akan terlihat sangat mengesankan. Skylight sendiri memungkinkan cahaya matahari dapat masuk secara optimal ke dalam ruangan. Skylight tersebut dapat dibiarkan polos dengan kaca atau bisa juga menggunakan kaca bergambar sehingga memberikan karakter yang lebih kuat di dalam ruang tamu. Skylight tersebut biasanya dibuat di tengah langit – langit. Bentuk plafon ruang tamu minimalis ini dapat berupa persegi panjang berukuran besar atau dibuat dengan beberapa bentuk persegi yang berukuran kecil.

Tray Ceiling

tray ceiling

Plafon minimalis ruang tamu yang selanjutnya adalah tray ceiling. Model langit – langit ini memang cukup populer untuk ruangan bergaya minimalis, termasuk ruang tamu. Tray ceiling memiliki ciri khas berupa bagian tengahnya dibuat lebih tinggi dibandingkan bagian tepinya. Di bagian tengah-tengah ruang dapat dipasang lampu gantung dekoratif atau lampu chandelier dengan desain yang minimalis sebagai fokus utama di langit-langit.