Memaksimalkan Luas Bangunan Rumah Yang Sempit

cafe kontainer
Membangun Cafe Dengan Meminimalisir Budget
dekorasi-wall-2
Dekorasi Interior Apartemen Unik Dengan Different Wall
rumah minimalis modern

Bagi anda yang memiliki luas bangunan rumah terbatas, kini anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menatanya agar kondisi dalam ruangan rumah anda terasa lega dan lebar. Rumah dengan kondisi fisik yang sempit akan membuat orang mudah gelisah dan tidak merasa betah untuk tinggal di rumah tersebut, hal ini dapat memicu stres dan dampak psikologi bagi kejiwaan seseorang yang dampaknya juga akan dirasakan fisik seseorang. Walaupun anda memiliki rumah dengan luas area yang sempit, kini anda tidak perlu merasa bingung lagi bagaimana cara menata setiap ruangannya agar dapat dinikmati dan tetap dapat terasa longgar pada sisi interiornya. Diblog kami ini, kami berusaha menyuguhkan solusi terbaik untuk anda semua pembaca blog arsindociptakarya yang budiman agar dapat menjadikan blog kami sebagai referensi utama anda dalam membangun dan menata rumah beserta interiornya untuk kalangan seluruh rakyat Indonesia, syukur syukur jika yang dari luar negeri juga dapat menjadikan web kami sebagai referensi arsitek beserta informasi interior didalamnya.

Baiklah, kini kami akan membahas bangunan desain rumah kotak minimalis yang dibangun di Swedia tepatnya di kota kecil yang bernama Landskrona. Bangunan ini sengaja didirikan yang pemiliknya menginginkan suasana yang beda dari biasanya pada perkampungan kecil tersebut. Bangunan terlihat sangat berbeda dari bangunan rumah pemukiman biasanya. Sangat menonjol sekali perbedaannya, apalagi bangunan rumah tersebut dibalut dengan cat putih yang sangat kontras diantara rumah penduduk lainnya. Ini mungkin dampak dari orang kota yang tinggal di area pedesaan di wilayah paling selatan Swedia ini.

rumah minimalis modern

Desain rumah kotak diatas menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki perbedaan dan menyukai perbedaan tersebut diantara pemukiman warga yang klasik. Namun, walaupun terdapat perbedaan yang sangat drastis tetapi tetap memberikan solidaritas untuk penempatan dan pemakaian area bangunan rumah tersebut. Bangunan ini didirikan dengan memiliki 3 lantai yang memungkinkan pemilik rumah dapat melakukan aktifitas apapun didalam rumah ini. Memang, dari luar terlihat sempit dan kecil, namun jika bahas lebih lanjut melalui foto-foto dibawah akan memberikan informasi kepada anda bahwa bangunan rumah yang terlihat sempit dari luar akan terasa lebar didalam. Si pemilik rumah juga tampaknya memiliki hobi bertanam, yang bisa dilihat dari kaca jendela lantai 3. Pemilik memiliki tanaman yang dapat menghiasi interior rumah minimalis ini. Konsep kotak dan jendela kaca polos tampaknya menggunakan kaca tempered yang memiliki ketebalan yang cukup untuk melindungi penghuni didalamnya. Bagian atap rumah ini dibuat terbuka, mungkin memiliki tujuan untuk dapat menampung air hujan jika pada saat hujan turun, atau mungkin memiliki atap dengan sistim buka tutup, yang mana dapat dibuka dikala panas atau musim semi dan juga bisa ditutup pada saat musim hujan atau musim salju.

ruang dapur

Kita mulai bahas bagian interiornya. Bagian pintu masuk di lantai bawah ternyata dibangun dapur kitchen set. Serasa aneh ya bagi kita orang Indonesia. Mungkin pemilik rumah mencoba hal baru dengan menempatkan dapur kitchen set pada lantai bawah dan juga tepat di ruangan yang seharusnya dipakai untuk menjamu tamu. Bagian dapur ini memiliki warna yang sama polosnya dengan bagian fasadnya. Pemilik memiliki ide yang dapat menunjukkan perasaannya yang menyukai kejelasan dan kontras. Hal ini terlihat bahkan batu meja kitchennya pun menggunakan batu marmer yang lebih identik dengan warna abu-abu keputihan. Lantai tidak menggunakan lantai marmer atau keramik, melainkan menggunakan lantai tegel yang terbuat dari semen yang dipermak sedemikian rupa agar terlihat rata dan bersih.

desain interior rumah minimalis

Bagian lantai 2 lebih digunakan untuk bersantai sambil membaca buku. Mencerminkan seorang penghuninya dapat menikmati lantai 2 dengan membaca buku-buku atau majalah. Bangunan ini tampaknya belum sepenuhnya tertata secara rapi, karena masih banyak lukisan-lukisan dinding yang belum dipasang dan ditata untuk dalam bangunan baru ini. Bangunan rumah ini lebih banyak menggunakan atap baja dan besi untuk konsep interiornya. Menggunakan bahan besi dan baja untuk lantai dan plafon setiap lantainya dapat menambah kekuatan bangunan rumah secara permanen yang memiliki kekuatan umur yang panjang untuk bangunan ini dapat bertahan dari segala cuaca. Memang seh, tergantung budget anda juga, dengan membangun bangunan seperti ini memang sangat memungkinkan bagi pemiliknya untuk mendapatkan kenyamanan secara penuh saat menempati dan bertempat tinggal di rumah putih ini.

desain interior rumah minimalis

Bagian lantai dasar yang memiliki dapur ini memiliki bagian ruang makan yang memiliki furniture yang sederhana, hanya sepasang meja makan dengan memiliki empat kursi berbahan dasar kayu. Inilah yang dimaksud pemilik dalam membangun rumah walaupun memiliki area sempit namun dapat dimaksimalkan pembangunannya, dan tidak akan terasa sempit untuk bagian interiornya. Kita juga bisa melihat dekorasi interior dengan menggunakan tembok kaca lebar agar ruangan terasa luas walaupun memiliki area sempit. Ruang tengah bagian area bangunan rumah ini memiliki area terbuka yang dapat dijadikan tempat bersantai. Kebun terbuka dibelakang ini adalah interior tambahan yang dimiliki bangunan rumah ini agar dapat memaksimalkan lahan yang sempit. Anda mungkin dapat memodifikasinya dengan membangun desain patio dengan membuka lahan kecil tersebut menjadi lebih bermanfaat dan produktif seperti menanam tanaman konsumtif yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan makanan pemilik rumah, ini hanya saran saja.

ruang tidur utama

Bagian sisi sebelah belakang di lantai tiga dipergunakan sebagai kamar tidur utama. Memiliki jendela kotak polos yang bisa berguna untuk melihat pemandangan di luar bagian depan rumah, sayangnya bagian kamar tidur utama di lantai 3 ini jendelanya kok belum memiliki tirai. Anda dapat memodifikasinya dengan menambahkan tirai dan merubah model tempat tidurnya dengan model master bedroom yang lebih elegan dan minimalis. Bagian lemari wardrobe pun dibangun dengan tinggi yang penuh sesuai dengan tinggi plafon, akan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakaian pemiliknya. Wardrobe didesain dengan memberikan area kosong untuk meluruskan posisinya dengan kaca jendela. Anda dapat menambahkan tirai yang berfungsi untuk menutup interiornya dari pandangan orang luar rumah.

desain interior minimalis

Bagian lantai terakhir yaitu lantai tiga ternyata tidak sepenuhnya terbuka, di awal tadi kita menyangka bahwa bagian lantai teratas bangunan rumah ini adalah ruangan terbuka, ternyata tidak sepenuhnya benar. Bagian terbuka hanyalah bagian tempat santai untuk menikmati suasana langsung dibawah langit biru. Lantai dua juga tidak sepenuhnya hanya digunakan sebagai kamar tidur utama, bagian sisi belakangnya memiliki ruang yang berfungsi sebagai ruang berkumpul keluarga. Terdapat sofa yang empuk dengan beberapa bantal diatasnya. Tambahan bufet dan tempat ruang baca kecil dalam bufet membuat menarik ruangan keluarga ini. Bagian lantai tiga juga dibangun kamar mandi disisi belakang. Kamar mandinya dibuat menggunakan dinding dan pintu kaca. Kamar mandi seperti ini biasanya sering terdapat dihotel-hotel dan apartemen. Bisa ditambahkan tirai penutup untuk dinding dan pintu kamar mandinya.

Desain rumah minimalis ini adalah solusi bagi anda yang umumnya di wilayah perkotaan dengan pemukiman yang padat, anda dapat membangun rumah konsep minimalis modern seperti contoh diatas. Anda juga bisa hubungi konsultan arsitek kami untuk proses perencanaan dan pengerjaannya. Segera hubungi kami melalui hotline disamping atas ini. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat dijadikan aspirasi design yang dapat mengembangkan ide arsitektur anda.

image and design idea by : goo.gl/V9onPk

free hit counter