Tips Desain Interior Ruangan Dengan Pencahayaan Alami

desain interior kamar tidur
Desain Interior Kamar Tidur Yang Unik Membuat Anda Nyaman
desain eksterior rumah minimalis
Desain Ekstrerior Rumah Minimalis Yang Mengusung Tema Go Green

Tips Desain Interior Ruangan Dengan Pencahayaan Alami

desain interior ruangan

Desain interior ruangan – Cahaya matahari atau lampu sangat penting dalam membuat ruangan nyaman. Untuk membuat ruangan anda lebih menarik, pencahayaan yang tepat sangat diperlukan. Cahaya matahari tentunya bisa menghemat penggunaaan energi listrik anda dan membuat ruangan jauh dari kesan pengap. Sedangkan untuk kamar mandi, pemasangan lampu kecil yang ditempel pada dinding akan membantu menuntun anda saat sedang berdandan atau mandi, anda juga bisa menambahkan lampu tempel di ruangan shower anda.

Untuk memberikan kesan luas pada ruangan, pintu akan cukup menyulitkan anda sebab pemilihan dan penempatan pintu yang salah bisa membuat ruangan akan terlihat lebih sempit misalnya saja pintu buka tutup di ruangan dengan penuh perabot. Oleh karena itu, lebih baik anda pilih pintu geser daripada pintu buka tutup yang selama ini banyak dipakai. Pintu geserpun bisa nada terapkan pada ruangan kamar tidur anda maupun kamar mandi anda.

Sedangkan untuk anda yang masih belum menikah dan tinggal di apartement, biasanya akan lebih malas untuk bolak balik ruang kerja, ruang tidur, ruang tv dan dapur. Anda bisa menyiasatinya dengan menggabungkan keempat ruangan tersebut dalam satu ruangan. Tapi dengan syarat ruangan tersebut memiliki ukuran yang luas dan memiliki balkon disampingnya sebab balkon dapat membuat ruangan yang penuh perabot menjadi terlihat lebih lapang dan segar.

desain interior ruangan

Beberapa tipsnya yaitu :

  1. anda bisa menempatkan sofa berukuran besar dengan meja panjang untuk tempat istrahat anda, sofa panjang tersebut juga bisa anda pakai untuk tidur apabila anda merasa lelah dalam bekerja.
  2. Kemudian letakkan meja kerja anda lengkap dengan rak kecil di bawahnya dan kursinya setelah meja panjang, dimana meja kerja tersebut menjadi pembatas antara sofa anda dengan dapur.
  3. Untuk dapur, kondisikan dapur anda sebagai dapur bersih agar tidak mengganggu suasana kerja anda ataupun waktu istirahat anda. Selain memperhatikan penataan desain interior ruangan tersebut, jangan sampai kebutuhan anda menghilangkan cita rasa seni anda yang tinggi.
  4. Letakkan beberapa lukisan atau hiasan favorit pada ruangan tersebut. Selain itu, perhatikan Sirkulasi udara di dalam ruangan karena  itu sangat penting untuk anda perhatikan agar suasana ruangan tidak terlalu pengap.
  5. Untuk itu, pasang ventilasi udara yang cukup sehingga lalu lintas udara ke ruangan anda bisa berjalan dengan lancar.

Mungkin dengan beberapa tips diatas akan membantu anda dalam mengatur interior ruangan dengan pencahayaan yang natural dengan keteraturan tata ruang yang nyaman bagi keluarga anda.

 

 

_______________

img by decoist