Desain Interior Dapur Kombinasi Warna Merah, Putih Dan Silver

mengganti tile grout
Mengganti Tile Grout, Lantai Dan Dinding Makin Indah
May 23, 2012
desain interior
Desain Interior Rumah Modern
May 29, 2012

Desain Interior Dapur Kombinasi Warna Merah, Putih Dan Silver

desain interior dapur

Desain interior dapur akan lebih menarik dengan mengkombinasikan perpaduan warna antara merah, putih dan silver.

Desain Interior Dapur Rendah

Desain interior dapur tak harus mengikuti standar umum. Anda dapat menyesuaikan bentuk sesual kebutuhan. Seperti yang ini, didesain rendah dengan banyak bukaan.

desain interior dapur

Dapur yang bersih akan membuat gairah memasak selalu timbul. Sebaliknya, dapur yang kotor dan bau, membuat kita semakin enggan membuat masakan. Nah, dapur milik Reni Anggraeni di Yogya ini adalah contoh dapur yang "menerbitkan" gairah memasak. Bahkan memudahkan aktivitas di dapur. la, misalnya, tak memasang lemari penyimpan (kabinet) di   atas, melainkan di bawah saja.

Ternyata desain ini dibuat demi kepraktisan. Pemilik rumah mempunyai tukang masak yang bertubuh mungil. Dengan lemari penyimpanan di bawah, la tak akan repot mengambil perangkat dapur.

Kabinet bawah itu terdiri atas sejumlah lemari dengan beberapa laci. Lemari digunakan untuk menyembunyikan perangkat dapur yang besar, piring, dan gelas. Laci-laci untuk menyimpan sendok, garpu, serbet, dan tatakan piring. Sementara meja kerja, yang tampak lega (60cm), digunakan untuk menyajikan makanan dan sebagai tempat memajang piring-piring favorit.

Desain Interior Dapur Berbentuk L Seperti Bar

Hal lain yang juga penting adalah pembagian area yang jitu. Dapur terbagi menjadi dua area. Area pertama berupa bidang kerja berbentuk "L". Lengan yang satu berfungsi sebagai area memasak dan area menyimpan. Lengan lainnya untuk area menyajikan makan dan menyimpan perangkat makan dan memasak. Berseberangan dengan bidang kerja “L” terdapat bidang kerja berbentuk satu garis ini adalah area untuk mencuci. Selain itu disediakan juga tempat untuk menyimpan bahan-bahan makanan.

Berdekatan dengan area basah tersebut, terdapat meja kayu selebar 40 cm, panjang 210cm, dan tinggi 90cm. Mirip meja bar. Alat-alat masak, seperti microwave dan blender, diletakkan di situ.

Memang, dengan tak ada kabinet di atas, kebutuhan lahan jadi lebih banyak. Jika biasanya dapur di rumah mungil cukup seluas 5m; yang ini memerlukan ruang 4,8m x 3,6m. Akan tetapi Anda bukan tak mendapat keuntungan lebih. Tanpa  kabinet  atas, dapur Anda     mempunyai bukaan yang banyak.

 

=Tips untuk anda=

MEJA DAPUR JADI MEJA PAJANGAN

Jika Anda punya meja dapur yang cukup lega, Anda dapat memanfaatkannya jadi area pajangan. Koleksi perangkat makan dan minum akan tampil menarik. Apa saja yang dapat dipajang?

  1. Koleksi piring-piring besar. Letakkan satu piring besar di tengah meja. Isi piring itu dengan buah-buahan imitasi.
  2. Agar tak bosan. pajang koleksi perangkat minum teh bergiliran dengan koleksi piring. Kumpulkan poci cangkir. dan tempat gula, dalam satu kelompok. Tatalah dengan komposisi besar-kecil
  3. Bagaimana dengan piring makan? Piring makan yang motifnya bagus, dapat Anaa ca a-g dengan posisi berdiri. Gunakan kayu penyangga piring hias.
  4. Jika meja dapur Anda berbentuk "L", jangan lupa untuk meletakkan koleksi vas dan rangkaian bunga di sudut meja.

 

  • MEJA ALA BAR Berseberangan dengan bidang kerja "L", terdapat bidang kerja bentuk satu garis. Di sini menampung aktivitas mencuci dan menyimpan bahan makanan.
  • UNTUK AREA PAJANG Area dengan bidang kerja bentuk "L". Lengan yang satu dipakai untuk kegiatan memasak, sedangkan lengan lainnya untuk penyajian. Meja dapat juga menjadi area pajangan.

 

AMBALAN SEDERHANA DI DINDING KUNING

Area ini berbeda dengan nuansa keseluruhan dapur. Namun begitu, jadi ada aksen di dapur ini, berupa dinding bercat kuning dengan ambalan.

Letak ambalan tepat di atas sink. Bahan dari kayu merbau ukuran 70cm x 20cm. Ambalan ditopang oleh besi berbentuk "L".

Di bawah ambalan kayu, dipasang besi sepanjang 52cm. Ini menjadi tempat  gantungan alat-alat memasak.

Dengan menggunakan beberapa tips desain interior dapur diatas, maka kami berharap anda semakin mengerti dan mengetahui cara yang akan anda terapkan pada dapur anda, jika anda merasa berat melakukannya, silahkan anda menghubungi kami sebagai konsultan arsitek untuk mendesain dapur anda agar lebih menarik.

(Sumber Majalah IDEA Edisi 18-02 Juli 2005 hal 34)

terkait