Pembaca artikel arsindociptakarya yang menyukai ikan dalam Akuarium menanyakan apakah boleh menempatkan Akuarium di Kamar Tidur. Meskipun AIR sebagai water feature merupakan faktor penting di dalam Feng Shui, penempatan air di dalam rumah tidak dapat sembarangan ditempatkan. Berikut ini tulisan yang menguraikan argumentasi untuk menjawab pertanyaan tersebut.
 
akuarium di kamar tidur

Akuarium Di Kamar Tidur Secara Feng Shui

Dalam Feng Shui, Akuarium mempunyai fungsi mengaktifkan energi pada suatu ruangan. Penempatan AKuarium ini ibarat satu trigger atau PEMICU agar energi Positif di dalam satu ruangan dapat membesar berlipat ganda dan tersebar ke ruangan-ruangan lainnya di dalam rumah. Sejalan dengan pemikiran itu, maka penempatan Akuarium pada sudut yang tidak tepat, yaitu pada sudut dimana ada Energi Negatif, akan menyebabkan energi buruk ini membesar dan tersebar ke ruangan lainnya. kita bisa membayangkan apabila salah menempatkan water feature semacam ini di dalam rumah.
 
Untuk itu sangat penting di dalam Feng Shui, pemilik atau pengguna bangunan mengenali DISTRIBUSI ENERGI di dalam rumahnya, sehingga menempatkan benda-benda yang dapat memicu energi menjadi semakin besar perlu dipertimbangkan dengan seksama. Penempatan yang tepat akan semakin meningkatkan VITALITAS tempat kerja ataupun tempat tinggal kita. 
 
Penempatan benda-benda dekoratif bisa mentrigger energi di dalam rumah memiliki ciri-ciri sebagai berikut, (a) Benda Bercahaya, (b) Benda Berbunyi, (c) Benda bergerak dan (d) Benda Hidup. Benda dekorasi rumah yang memiliki sifat-sifat seperti ciri-ciri di atas akan dengan cepat mudah dikenali. Karena itu perlu dilihat lagi bagaimana penempatannya yang terbaik.
 
Sekarang perhatikan Akuarium. Benda ini memenuhi ke-empat ciri-ciri tersebut di atas. Pertama merupakan Benda Hidup, yaitu ada ikan, dan terkadang dipasang tanaman air di dalamnya yang juga merupakan benda hidup. Kedua benda ini bergerak, yaitu ikan bergerak di dalam Akuarium selain itu kebanyakan Akuarium juga mengharuskan AIR di dalamnya terus bergerak secara konstan. Ke-tiga, benda ini berbunyi, yaitu gerakan AIR di dalam Akuarium mengeluarkan bunyi aliran AIR yang sangat efektif memicu energi chi. Ke-empat, Cahaya lampu sering digunakan di dalam Akuarium agar bisa memenuhi fungsi Akuarium untuk mempertahankan hidup ikan-ikan yang ditempatkan di dalamnya.
 
Dari uraian di atas, jelaslah bahwa Akuarium merupakan trigger atau PEMICU energi (baik energi Positif maupun energi Negatif) yang sangat efektif di dalam tempat tinggal ataupun tempat kerja Anda. Itulah sebabnya pikiran untuk menggunakan Akuarium di dalam rumah harus dipikirkan dengan matang
 

Keseimbangan Akuarium Di Kamar Tidur

Dalam halnya dengan Kamar Tidur, maka kita tidak menutup fakta di atas. Kamar Tidur merupakan ruangan yang di dalam Feng Shui digolongkan sebagai Kamar Tidur ruangan YIN. Sebagai ruang YIN, tentu saja energi yang ada di dalam Kamar Tidur ini sebaiknya bersifat lembut dan tidak terlalu kuat. Hal ini penting agar orang yang tidur di dalamnya merasa tenang.
 
Akuarium adalah WATER FEATURE yang terlalu kuat untuk digunakan sebagai unsur Energi-Trigger di dalam Kamar Tidur. Ruangan yang membutuhkan ketenangan ini akan terlalu aktif, sehingga membuat orang tidur tidak nyaman dan mudah terjaga. Ruang yang seharusnya bersifat YIN ini berubah sampai tingkat tertentu menjadi ruangan YANG. Inilah yang menjadi alasan mengapa penempatan Akuarium di dalam Kamar Tidur tidak dianjurkan di dalam Feng Shui. 
 
(diambil dari majalah tabloid Bintang Home edisi 225/Minggu Ketiga  April 2012 hal 46)
 
_________________