Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Desain Rumah Bergaya Kontemporer
Desain Rumah Bergaya Kontemporer
desain-karya-unik
Kumpulan Desain Dan Karya-karya Unik Out Of The Box

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu

Rumah bambu memang terkadang dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat kita. Rumah yang terbuat dari bambu ini seringkali dinilai sebagai bentuk rumah yang kurang layak untuk ditempati.

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya rumah bambu memiliki desain bangunan yang bernilai seni yang tinggi sebagaimana kita melihat banyaknya rumah yang terbuat dari bambu yang berada di kawasan wisata. Rumah tersebut sangat diminati oleh para wisatawan untuk sekedar melepas lelah di tempat wisata.

Nilai seni yang tinggi membuat rumah dengan model seperti ini sangat mendukung suasana tempat wisata yang identik dengan sarana refreshing. Selain itu rumah yang terbuat dari bambu merupakan salah satu warisan budaya negeri ini dengan berdasarkan pada rumah adat yang berada di provinsi di negeri ini.

Bagaimana Cara Membangun Rumah Bambu Idaman?

Berikut ini beberapa tips dalam mendesain rumah bambu yang sederhana namun eksotis.

  • Anda harus mengecek terlebih dahulu diameter bambu yang tersedia supaya saat pembangunaan berlangsung tidak terjadi kesulitan dalam mencari bahan saat proses pembangunan berlangsung.
  • Ada baiknya bambu yang akan dibangun dilakukan proses pengawetan agar dapat mencegah gangguan hewan yang dapat merusak konstruksi bambu. Caranya bisa melalui perendaman maupun pengawetan bahan kimia yang bisa mengawetkan bambu.
  • Ketika penyusunan bambu dan pembuatan konstruksi rumah dimulai, disarankan untuk tidak menggunakan paku besi. Jenis paku ini kaku dan tidak lentur sehingga membuat bahan ini gampang rusak.
  • Gunakanlah paku pasak. Model paku ini dibuat dari bambu atau kayu yang dipotong kecil-kecil sehingga mempunyai bentuk menyerupai paku. Untuk membuat lobang dapat dilakukan dengan bor.
  • Gunakanlah paku pasak. Model paku ini dibuat dari bambu atau kayu yang dipotong kecil-kecil sehingga mempunyai bentuk menyerupai paku. Untuk membuat lobang dapat dilakukan dengan bor.
  • Desain yang Anda buat harus disesuaikan degnan kondisi alam atau lingkungan sekitar bangunan agar tercipta desain yang menyatu dengan alam sekitar sehingga rumah bambu Anda akan terasa eksotik.
  • Anda bisa memadupadankan dengan aneka material lainnya seperti batu alam, atap rumbia atau atap genteng.
  • Anda bisa menambahkan taman di halaman rumah dengan kolam ikan yang dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau sehingga menambah keasrian rumah.
  • Pergunakan warna cat yang tidak akan merusak warna asli bambu. Misalnya plamir atau cat transparan sehingga dapat memunculkan tekstur asli dari bambu.
  • Terakhir, perawatan rumah secara berkala dari segi kebersihan, kerusakan, pengecatan dan juga perawatan bambu dari gangguan hewan yang dapat merusak konstruksi rumah.
Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu Sederhana dan Tips Cara Pembuatannya

Rumah Bambu Sederhana

Dengan konstruksi yang benar dalam awal perencanaan rumah bambu, maka akan tercipta sebuah rumah sehat yang nyaman untuk dihuni.  Pembangunan rumah bambu juga memiliki berbagai macam keuntungan yang dapat dirasakan oleh penghuni rumah, antara lain :

Kelebihan Memiliki Rumah Bahan Bambu ;

  1. Memiliki desain yang bernilai estetika tinggi
    Rumah yang terbuat dari bambu senantiasa memiliki nilai estetika yang tinggi karena memiliki desain yang sangat unik dan berbeda dengan kebanyakan rumah. Kita dapat melihat banyaknya desain rumah bambu yang terdapat di tempat – tempat wisata yang sangat nyaman untuk dikunjungi, misalnya saja gazebo yang memiliki desain rumah terbuat dari bambu. Sangat nyaman bukan untuk lokasi bersantai. Selain itu bangunan mushola pun juga ada yang menggunakan konsep bambu dalam pembuatannya.
  2. Tahan terhadap guncangan gempa
    Tak seperti kebanyakan bangunan rumah yang terbuat dari batu, rumah yang terbuat dari bambu ini tidak mudah roboh dengan guncangan gempa karena bambu memiliki berat yang berada di bawah berat dari batu. Seandainya rumah tersebut roboh, resiko kejatuhan dinding rumah hanyalah sekedar kejatuhan anyaman bambu dan tak separah apabila dinding tembok yang jatuh mengenai tubuh kita.
  3. Sebagai cerminan pemilik yang tidak sombong
    Secara sosial, kepemilikan rumah bambu dapat membuat seseorang menjadi tidak sombong karena hanya bermodelkan rumah dengan konsep yang sederhana. Rumah yang terbuat dari bambu juga mencerminkan pribadi pemiliknya yang sangat menyukai kesederhanaan dalam kesehariannya. Sehingga menghindarkan pemiliknya dari sifat – sifat yang sombong dan suka menghambur – hamburkan uangnya.
  4. Lebih nyaman dihuni
    Rumah dengan desain seperti ini lebih nyaman dihuni dibandingkan dengan rumah yang terbuat dari bahan bangunan seperti batu. Pasalnya, rumah dengan desain bambu ini tidak terasa panas ketika kita berada di dalamnya. Sehingga tanpa memasang AC di dalam rumah pun, kita dapat merasakan udara dingin pada rumah tersebut. Udara dingin pada rumah tersebut berhembus melalui sela – sela anyaman bambu yang terdapat pada dinding rumah tersebut. Desain yang sangat bagus dari rumah bambu dapat membuat sang penghuni rumah merasakan kenyamanan yang jarang di dapatkan ketika beristirahat di rumah selain yang terbuat dari bambu. Bisa dikatakan model rumah ini bisa menjadi rumah impian bagi yang menyukai konsep rumah sederhana namun nyaman dan asri untuk dihuni.