Gambar Rancangan Desain WC Umum

teralis jendela rumah
Model Desain Teralis Jendela Rumah Minimalis Modern 2014
Model Meja Kayu
Memilih Model Meja Kayu yang Cantik untuk Rumah
Desain wc umum

Desain WC umum yang sekarang banyak terdapat di Indonesia sering kali jauh dari kesan bersih. Yang sering kita temui adalah wc umum yang jorok, kotor dan berbau. Meskipun untuk menggunakannya harus membayar, tidak jarang pelayanan yang didapatkan tidak terlalu memuaskan.  Hal ini karena tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan wc umum masih sangat kurang sehingga wc umum yang seharusnya nyaman dipakai oleh siapa saja seperti menjadi tempat menakutkan bagi penggunanya.

Desain wc umum

Untuk meningkatkan desain wc umum yang jauh lebih baik, maka perlu diadakan perbaikan dasar dalam pembuatannya, seperti

  1. Pencahayaan, Desain wc umum harus memiliki pencahayaan alami yang cukup, karena pencahayaan alami bisa meningkatkan tingkat kebersihan pada area wc umum. Sementara untuk lampu listrik, gunakan lampu yang cukup terang. Jangan menggunakan warna lampu seperti kuning atau lampu yang redup karena akan mengesankan wc umum tersebut jorok dan kotor
  2. Bahan yang digunakan harus tahan lama dan tidak mudah rusak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Material lantai bisa menggunakan ubin keramik yang tidak licin, batu alam, ubin homogeny atau teraso. Sementara bahan dinding bisa menggunakan ubin keramik,ubin homogeny, batu alam, stainless steel ,panel enamel baja, balok kaca atau panel aluminium. Sementara untuk ceiling bisa menggunakan panel aluminium atau strip.
  3. Semua tempat pembuangan urine harus dilengkapi dengan katup penyiraman serta alat penyiraman otomatis. Semua perlengkapan untuk perawatan harus disembunyikan untuk menghindari terjadinya pengrusakan.
  4. Tempat pembuangan urine harus digantung di dinding dengan lebar 300mm dan dari ujung bibir yang bermula dari tempat pengumpulan urine sekitar 300mm.
  5. Wastafel yang disediakan memiliki ukuran minimum 500mm x 400mm

desain wc dan kamar mandi gambar desain kamar mandi interior kamar mandi wc minimalis

Setiap wc umum diharapkan memiliki fasilitas dasar seperti

  1. Tong sampah untuk membuang sampah
  2. Tissue toilet dan pengering tangan
  3. Tong sampah khusus untuk sanitasi wanita
  4. Dilengkapi dengan pengharum ruangan sehingga ruangan selalu segar dan tidak berbau
  5. Sanitizer pada setiap wc

Agar lebih sempurna sebaiknya toilet umum juga dilengkapi dengan tempat untuk ibu menyusui dan tempat mengganti popok bayi.  Semoga desain wc umum yang ideal bisa segera terwujud di Indonesia.

free hit counter