Desain Rumah Susun yang Ideal Untuk Pemukiman Penduduk

Model Meja Kayu
Memilih Model Meja Kayu yang Cantik untuk Rumah
Desain Pasar Modern
Model Desain Pasar Modern Minimalis

Desain Rumah Susun yang Ideal Untuk Pemukiman Penduduk

gambar desain rumah susun 2014

gambar desain rumah susun 2014Desain rumah susun yang ideal adalah yang memperhatikan kepadatan, tata letak bangunan, prasarana lingkungan serta fasilitas bangunan. Rumah susun atau yang biasa kita kenal sebagai rusun merupakan salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah dalam mengatasi kepadatan penduduk yang berfokus di kota-kota besar. Hal ini merupakan salah satu alternative yang menjanjikan dimana rumah susun yang ditawarkan relative terjangkau bagi masyarakat menengah kebawah dan diharapkan mampu mengatasi fenomena menjamurnya kawasan kumuh.

Selama ini banyak sekali rumah kumuh yang selalu menghantui area perkotaan jenjang atau status terlihat sangat mencolok dan akan membuat kredibilitas suatu bangsa dalam mengayomi rakyatnya akan dipertanyakan. Oleh karenanya pemerintah ingin membangun rumah susun yang nantinya bisa berguna bagi masyarakat demi kelangsungan hidup yang lebih baik. Desain rumah susun yang sesuai dengan area perkotaan pun mulai dikerjakan.  Banyak arsitek-arsitek handal yang dipekerjakan guna terselesaikannya proyek rumah susun ini, namun sayangnya pembangunan rumah susun ini menemui banyak kendala. Kendala yang dihadapi pun bermacam-macam, seperti penolakan dari warga yang tidak mau direlokasi, dana yang disediakan terbatas, pembebasan lahan pun tidak semulus yang direncanakan.

gambar desain rumah susun 2014

Selama ini yang namanya rumah susun memang identik dengan hunian untuk masyarakat kelas bawah. Namun sebenarnya, rumah susun hampir sama dengan apartemen, hanya pembedanya adalah fasilitas dan kepadatan yang ada. Biasanya Rumah susun memiliki kepadatan yang luar biasa dan pembangunan pun ala kadarnya, karena pada prinsipnya pengembang hanya membangun sesuai dengan instruksi yang ditawarkan pemerintah, namun tentunya tetap harus memikirkan nilai serta dampak ekonomi yang ada, dan yang terutama rumah susun bisa dijualnya dengan harga murah. Rumah susun sendiri ada dua jenis, rumah susun hak milik dan rumah susun sewa.

gambar desain rumah susun 2014

Sering kita jumpai rumah susun yang ada jauh dari ideal. Yang tampak dari luar adalah bentuk kumuh suatu bangunan, dengan lingkungan yang tidak begitu baik. Tingkat kepadatan penghuninya pun melebihi jumlah yang ditentukan. Oleh karenanya keseriusan pemerintah dalam mengatur tata kota sangat diperlukan, sehingga akan tercapai kehidupan yang  lebih baik dan pembangunan yang mengacu pada desain rumah susun yang ideal bisa menjadi kenyataan.

free hit counter