Desain Rumah Ramah Lingkungan

desain rumah unik minimalis
Desain Rumah Unik Minimalis Cocok Bagi Anda Yang Menyukainya
desain exterior rumah minimalis
Desain Exterior Rumah Minimalis Paduan Taman Cantik

Desain Rumah Ramah Lingkungan

desain rumah ramah lingkungan

Desain Rumah Ramah Lingkungan Penting Untuk Keluarga

Rumah sejatinya berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus tempat untuk belajar bagi seluruh anggota keluarga seperti belajar untuk lebih peduli dengan lingkungan. Salah satu cara yang dapat mengajarkan mereka untuk bersahabat dengan lingkungan adalah dengan membuat desain rumah ramah lingkungan. Kali ini kami akan memberikan paparan mengenai desain rumah yang mendukung kelestarian lingkungan sehingga dapat dijadikan acuan oleh pembaca untuk membangun rumah.

desain rumah ramah lingkungan

Untuk desain rumah minimalis ramah lingkungan harus memperhatikan tentang pembagian ruangan yang tepat. Jumlah kamar tidur, kamar mandi, tempat ibadah, hingga tempat jemuran harus benar-benar disesuaikan ukuran dan luasnya sehingga dapat tercipta rumah yang pembagian energy di dalamnya optimal. Selanjutnya desain rumah ramah lingkungan haruslah memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Dengan optimalisasi bukaan yang tepat dapat membuat cahaya matahari masuk ke rumah secara optimal sebagai sumber pencahayaan alami dan adanya sirkulasi udara yang baik sehingga udara di dalam rumah tetap sehat bagi penghuninya. Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan energi di dalam rumah sehingga tidak boros energi.

Rumah ramah lingkungan selanjutnya harus memperhatikan penggunaan bahan baku bangunan yang mendukung terciptanya rumah yang bersahabat dengan lingkungan sekitar. Bahan baku utama rumah berupa kayu akan menghadirkan kesan natural dan membuat rumah lebih bersahabat dengan lingkungan sekitar karena bahan kayu tidak mengandung limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Dengan menghilangkan bahan bangunan yang mengandung unsur asbestos akan membuat rumah menjadi sehat dan baik untuk lingkungan maupun seluruh anggota keluarga.

desain rumah ramah lingkungan

Eco design rumah ramah lingkungan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sumber-sumber ketersediaan energi dari alam seperti air. Dengan memanfaatkan ketersediaan air hujan dapat sedikit mengurangi ketergantungan penghuni rumah akan air tanah sehingga dapat melakukan penghematan sumber air. Sebaiknya jangan membuang limbah yang mengandung zat berbahaya langsung ke lingkungan sekitar karena akan membuat pencemaran sumber air. Desain rumah ramah lingkungan yang terakhir adalah dengan memperhatikan pembuangan limbah rumah tangga.