Desain Kantor dan Produktivitas Karyawan

Desain kantor dan rancangannya ternyata memiliki pengaruh terhadap produktivitas karyawan. Jika desain sebuah kantor terlalu monoton dan furniture yang ada di kantor tersebut juga tidak nyaman maka kinerja karyawan akan menurun, dan  sebaliknya, jika sebuah kantor memiliki desain yang cukup unik serta tidak monoton maka kinerja karyawannya kemungkinan besar akan meningkat. Tren ukuran dan konfigurasi ruang kantor pasti akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Menurut sebuah perusahaan desain interior dan produsen peralatan kantor, di masa yang akan datang akan lebih banyak kantor-fleksibel dan peningkatan ruang bersama dalam sebuah kantor, dan hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan penambahan fasilitas.

desain kantor

Sebagian orang pasti pernah mendengar cerita tentang sebuah perusahaan yang memulai usaha dengan empat orang karyawan yang ‘berkantor’ di sebuah garasi dengan kursi lipat dan sebuah meja. Namun di garasi yang diubah menjadi desain kantor tersebut terdapat energi. Kemudian perusahaan tersebut berkembang menjadi sebuah perusahaan besar, dan ruang kantor pun pindah ke sebuah ruang kantor berukuran besar yang konvensional. Setiap karyawan memiliki ruang kantor pribadi, namun ada yang hilang, para karyawan kehilangan energi. Ruang kantor pribadi memang diperlukan agar karyawan bisa bekerja dengan focus, namun ruang kantor yang konvensional terkadang akan mematikan dan menghilangkan energi yang dimiliki oleh pegawainya.

desain kantor

Bayangkan sebuah lingkungan kerja alternatif di mana setiap anggota tim (pegawai) memiliki area kerja  yang lebih kecil, tapi semua area kerja berangkai antara yang satu dengan yang lain. Daripada memiliki sebuah ruang konferensi dengan cara menyusuri lorong, ruang konferensi yang berada di tengah area kerja (workstation) akan lebih menyenangkan. Para anggota tim berada pada jarak yang dekat untuk mendengarkan satu sama lain dan mereka akan dikelilingi dengan ide-ide dari setiap area kerja (workstation) karyawan yang berangkai tadi. Namun, ketika privasi diperlukan, workstation kecil juga memiliki pintu.

Dengan menerapkan beberapa aspek serta pengetahuan sederhana tentang bagaimana setiap orang berinteraksi, perencanaan ruang kantor dapat mengembalikan energy kewirausahaan tanpa harus mengorbankan privasi. Pemilihan warna dinding desain kantor minimalis juga sangat berpengaruh. Kantor konvensional dengan berbagai alasan biasanya menerapkan warna-warna monoton seperti putih, abu, hitam untuk dinding kantor mereka. Penggunaan warna lain yang akan memberi semangat lebih seperti orange terang atau warna kuning, tentu akan memberi energy baru bagi para pegawai. http://arsindociptakarya.com

free hit counter